14 cara membasmi kutu rambut dan telur serta pencegahanya

14 cara membasmi kutu rambut dan telur serta pencegahanya
14 cara membasmi kutu rambut dan telur serta pencegahanya
14 cara membasmi kutu rambut dan telur serta pencegahanya - Kutu rambut merupakan permasalahan umum dikalangan masyrakat. Karena serangga yang satu ini cukup menyebalkan dan menular ke orang lain. Rasa gatal tak tertahankan membuat siapa saja yang terjangkit kutu, tidak mampu menahan untuk tidak menggaruk keras-keras kulit kepala. Jujur saja, garukan ke kepala keras-keras pasti membuat diri kita lebih enakan karena terlepas dari gatal yang sangat menggangu. Garukan ke kulit kepala terlalu keras dapat menyebabkan iritasi kulit. Kutu dapat hinggap pada siapa saja yang memiliki rambut di kepala, bisa juga menjangkit ke orang dewasa, anak-anak atau bahkan ke bayi kita. Bayangkan saja jika hal ini menjangkiti mereka, ingin memberikan obat kimia atau bahan alami lainnya sudah pasti ada kehawatiran tertentu di benak kita.

Informasi seputar kutu rambut

Tahukah kamu, bahwa kutu rambut betinanya mampu menghasilkan telurnya sebanyak enam buah setiap harinya. Untuk penetasan telur tersebut di butuhkan waktu hingga 8 hari.

Bisakah kamu bayangkan rambut mu jika tidak di rawat atau dilakukan pembasmian kutu sesegera mungkin? merinding kah????

Pencegahan pada kutu rambut

Kutu yang saat ini sedang ada dikepala kita bukan karena ada begitu saja, banyak hal yang menimbulkan hidupnya kutu ini dirambut kepala kita atau bisa dibilang untuk transit di kepala kita. Berikut pencegahannya:

  • Gunakan sisir pribadi dan usahakan tidak menggunakan sisir dari orang yang sedang bermasalah dengan kutu. Karena siapa tau di antara selipan sisir bisa saja terdapat telur atau kutunya? 
  • Handuk pun harus khusus sendiri. Mengapa? karena sekarang ini membersihkan rambut yang basah biasanya menggunakan handuk, yang saat itu orang terpapar kutu menggunakan handuk yang akan kita gunakan?
  • Keramaslah dengan sampo. Karena modern ini beberapa sampho sudah cukup sempurna untuk menghilangkan kutu rambut.
  • Jika menggunakan helm, topi atau jilbab, jangan malas untuk membersihkannya karena disanalah tempat sempurna juga untuk berternak kutu.


Cara mudah membasmi kutu 

Ada pepatah yang tidak cukup nyambung dengan artikel ini,"Banyak jalan menuju roma". Alias banyak cara untuk membasmi kutu, baik dengan alami atau obat kimia. Berikut ini top 15 cara menghilangkan kutu rambut ala Tipscaratutorial.com

1. Obat Kutu Peditox


Obat kimia ini memang sangat ampuh untuk membasmi kutu, pasalnya dari beberapa percobaan yang pernah dilakukan terhadap rekan saya, banyak yang sukses. Cara menggunakan peditox setelah dipakaikan di rambut, tutup rambut dengan handuk dan diamkan beberapa jam. Hasilnya kutu akan mati, namun beberapa telur biasanya masih bisa hidup. Baiklah kalau cara ini kurang berhasil, mari kita simak cara kedua.

2. BAYGON????

Obat kimia pembunuh serangga di semprotkan untuk kutu rambut? kutu itukan serangga, nyamuk serangga, lalat serangga...yaudah kutu juga bisa ^_^. Ini bukan sekedar candaan ya, pasalnya hal ini pernah juga dilakukan oleh rekan saya. Cara paling ekstrim, dengan menyemprotkan cairan ini ke kepala. Sebelum di semprotkan, tutup dahulu rambut dengan plastik agar cairan tidak terkena kebagian muka. Jreng jreng jreng... kutu pada mati. Namun saya lupa apakah cara ini efektif untuk membunuh telurnya.
Ya kalau kurang yakin, coba saja pengobatan dari dalam menggunakan baygon??hehehe.. jangan2, itu bahaya. Baiklah kalau hal ini juga kurang berhasil menghilangkan kutu dan telur kutu di rambut kita, simak cara berikutnya ya

3. Minyak tanah.

Di jaman anak tahun 90 an pasti mengenal apa itu minyak tanah, karena modern ini minyak tanah sudah digantikan dengan tabung gas elpigi dan sudah pasti anak jaman sekarang kurang tau. Cara ini cukup simple dan bisa dipraktekan di rumah. Siramkan minyak tanah di rambut, lalu biarkan sebentar. Maka kutu akan sendirinya terlepas dari rambut. Mungkin kalau ada yang masih bandel kutunya, bakar saja kutunya menggunakan api.hehehe.. Penggunaan minyak tanah cukup efektif untuk mengambil kutu sampai ketelurnya. Cara di atas cukup mengerikan ya, mari kita coba cara aman juga ampuh berikutnya.

4. 1 CM

apa arti 1 CM (centimeter) ??? cukur habis rambut mu sampai setinggi 1 cm, dan mari kita memulai kehidupan rambut yang lebih baru. Ini cara paling sakti lagi, cukur polos rambut mu. Dijamin kutu dan telur hilang seketika. Baiklah kalau cara ini masih dianggap nyeleneh, kita cara yang lebih aman lagi ya, simak berikutnya

5. Serit

Benda legenda ini sudah ada sejak jaman penjajahan (penjajahan versi siapa ya?). Hardware satu ini sudah pasti di miliki oleh masyarakat umum yang kurang percaya dengan pengobatan alami ataupun kimia. Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi, tergantung nego sama abang-abang penjualnya. Cara penggunaan serit???? sepertinya sudah familiar ya, penggunaannya sama seperti sisir hanya saja di tekan lebih dalam ke kulit kepala.

6. Kapur ajaib

Kapur ajaib ini biasa di gunakan untuk mengusir semut atau kecoa. Kapur yang dimaksud bukan kapur tulis loh, tapi kapur yang mengandung racun untuk membunuh serangga. Saat ini populer sekali membunuh kutu rambut dengan kapur ajaib. Cara penggunaannya pun mudah, gerus kapur ajaib hingga menjadi bubuk, Setelah itu taburkan ke rambut. Kapur ini bersifat racun, awasi jangan sampai terkena mata.

7. Buah Belimbing

Siapa sangka buah dari langit ini bisa mengusir kutu di rambut. Star Fruit adalah bintang pengusir kutu loh, mengapa? Karena belimbing yang digunakan adalah belimbing kecil atau jenis belimbing wuluh, memiliki kadar asam yang cukup untuk meracuni kutu rambut. Cara penggunaanya juga mudah, cukup potong menjadi beberapa bagian buah lalu oleskan ke rambut.

8. Lidah buaya

Lidah buaya yang dimaksud adalah sejenis tanaman ya, bukan rambut kita di tempel ke lidah buaya (hewan) beneran, alamat kepala bisa hilang.hehehe. Menurut beberapa penilitian, rasa dan bau pada lidah buaya tidak disukai oleh kutu. Untuk penggunaannya sebagai berikut:

  • Pilihlah lidah buaya berwarna lebih tua.
  • cuci bersih dan iris menjadi dua
  • gosokan gel lidah buaya ke rambut dengan perlahan, pastikan gel tersebut sampai ke kulit kepala (selain membunuh kutu, rambut pun ternutrisi dengan baik).
  • tunggu kurang lebih 2 Jam, lalu bersihkan rambut dengan sampho untuk menghilangkan bau alami dari lidah buaya


9. Minyak Zaitun

Minyak yang berasal dari ekstraksi buah zaitun ini memiliki banyak manfaatnya juga loh. Disamping membasmi kutu rambu, ternyata bisa juga untuk mencegah kulit kering dan penyakit jantung. Minyak zaitu dipercaya tidak memiliki efek samping, jadi ini bisa dikatakan sebagai cara alami. Cara penggunaannya pun mudah, minyak zaitun oleskan saja pada rambut dan diamkan beberapa jam. Setelahnya jangan lupa untuk membilasnya ya.

10. Minyak kayu putih campur jeruk nipis

perpaduan keren  dan bisa dikatakan obat kutu alami. Karena secara turun temurun pun, keluarga kadang menggunakan cara sederhana ini. Berikut ini tipsnya:

  • peras 3 buah jeruk nipis, lalu tambahkan 7 sendok minyak kayu putih dan diaduk hingga tercampur.
  • Usapkan pada rambut, tunggu sampai 2 Jam
  • cuci bersih rambut dengan shampo untuk menghilangkan bau pekat ramuan tersebut.
Lihat juga: Cara Merawat, Mengobati dan Penyebab Rambut Rontok Parah

sekian dari artikel 14 cara membasmi kutu rambut dan telur serta pencegahanya, dibuat oleh tipscaratutorial di www.tipscaratutorial.com
LihatTutupKomentar