seputar tips cara tutorial Kecantikan - Kesehatan - Trend Gaya - Perawatan Pria dan Wanita

Waspada!! 6 Jenis Jerawat ini Beda Jenis Jerawat Beda Pengobatannya

Artikel terkait : Waspada!! 6 Jenis Jerawat ini Beda Jenis Jerawat Beda Pengobatannya

Beda Jenis Jerawat Beda Pengobatannya
Beda Jenis Jerawat Beda Pengobatannya
Beda Jenis Jerawat Beda Pengobatannya - Jerawat mungkin adalah topik yang tidak habis dicari orang. Khususnya para remaja yang sedang berada di puncak-puncaknya trend jerawat alias acne vulgaris meningkat tajam. Bebagai cara pengobatan dan terapi bisa dilakukan untuk menyembuhkan dan menghilangkan jerawat. Dari yang sederhana dan simpel sampai yang rumit dan memerlukan ketelatenan tinggi juga tidak lupa perlatan yang memadai. Tapi, taukah kamu bahwa jerawat sendiri banyak macam-macamnya? Selain itu, beda jenis dan sebab jerawat, beda juga penanganan dan pengobatannya. Apa saja macam jenis jerawat dan bagaimana cara menyembuhkannya? Simak artikel berikut ini.

Baca  juga artikel : 15 Merk Sabun Muka yang Cocok Untuk Kulit Berjerawat dan Berminyak

Jerawat Pasir atau Jerawat kecil-kecil atau Beruntusan

Jenis jerawat ini disebut jerawat pasir oleh kebanyakan orang indonesia karena ketika ketika menyentuh permukaan wajah akan terasa kasar seperti memegang pasir dan juga penampakannya yang sangat halus dan kecil-kecil. Sebenarnya jenis jerawat ini tergolong masih ringan karena biasanya gabungan antara whitehead dan blackhead (Kemungkinan ada beberapa jenis papules, pustules atau jenis lain juga). Jenis whitehead dan blackhead adalah jenis jerawat komedonal.

Jerawat Blackhead (Komedo Terbuka)

Jenis jerawat terdiri dari gradiasi tingkat keparahan atau berat ringannya suatu jerawat. Jerawat paling ringan adalah blackhead. Jenis ini merupakan komedo yang terbuka dan terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo sendiri adalah pori-pori yang tersumbat. Jadi, blackhead adalah pori-pori yang tersumbat oleh sel-sel kulit mati dan minyak berlebih dan karena teroksidasi oleh udara maka warnanya menjadi kehitaman.

Jerawat Whitehead (Komedo Tertutup)

Sementara jenis jerawat whitehead hampir sama seperti blackhead yaitu komedo. Tetapi, whitehead memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori sehingga komedo tertutup dan seperti tenjolan putih kecil. Bentuk whitehead ini sangat kecil dan biasanya jenis inilah yang dimaksud beruntusan oleh orang kebanyakan.

Dari fase komedo inilah, bisa jadi fase-fase berikutnya pada jerawat akan terus berkembang sesuai dengan kondisi kulit. Biasanya pada fase jerawat blackhead, pengobatan tidak terlalu dibutuhkan. Menjaga kebersihan wajah dengan mencuci dan membersihkan muka mengunakan produk yang tidak menyebabkan komedo dan mengandung anti-bakteri akan sangat membantu untuk menghindari komedo terkontaminasi bakteri sehingga berkembang menjadi jerawat yang meradang dan bengkak. Jika diperlukan, gunakan pembersih yang mengandung salicylic acid atau sulfur sebagai anti bakteri atau Retinoid berbentuk gel atau krim yang dioleskan sesuai aturan pakai dan resep untuk komedo-komedo yang membandel.


Jerawat Pustula dan Papula

Beda Jenis Jerawat Beda Pengobatannya
Beda Jenis Jerawat Beda Pengobatannya
Jerawat klasik yang dikenal orang pada umumnya ini adalah tonjolan berwarna merah muda atau kemerahan yang diakibatkan bakteri menyumbat pori-pori. Jerawat ini bisa jadi membengkak dan terdapat papula dan pustula (papules dan pustules) Sekilas bentuk keduanya hampir serupa. Jerawat papula ditandai dengan benjolan lunak berwarna merah yang terasa menyakitkan. Sedangkan pada benjolan pustula ujungnya berwarna putih yang berasal dari penumpukan nanah.
Jerawat jenis ini bisa mengunakan obat-obatan yang sifatnya antibiotik, antibakteri dan anti inflamasi sesuai faktor munculnya jerawat dan jenis kulit. Lihat artikel Obat Jerawat untuk penjelasan lebih lengkapnya tentang berbagai macam obat untuk jerawa.

Jerawat Nodula / Kista

Beda Jenis Jerawat Beda Pengobatannya
Beda Jenis Jerawat Beda Pengobatannya
Jerawat nodul ditandai dengan munculnya benjolan-benjolan keras, besar, dan terasa menyakitkan dari bawah permukaan kulit dalam jumlah yang cukup banyak. Sama seperti kista, nodul merupakan kategori jerawat parah dan bisa meninggalkan bekas permanen pada kulit setelah sembuh. Pemakaian antibiotik oral dan menghilangkan penyebab jerawat ini dapat menyembuhkan jerawat Nodul.  Lihat artikel Obat Jerawat untuk penjelasan lebih lengkapnya tentang berbagai macam obat untuk jerawa.

Jerawat Batu atau Cysts

Cystic acne adalah jerawat yang besar-besar, dengan peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka. Penderita cystic acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini.
Beda Jenis Jerawat Beda Pengobatannya
Beda Jenis Jerawat Beda Pengobatannya
Secara genetik penderitanya memiliki Kelenjar minyak yang over aktif yang membanjiri pori-pori dengan kelenjar minyak, pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal yang tidak beregenerasi secepat kulit normal dan memiliki respon yang berlebihan terhadap perdangan sehingga meninggalkan bekas di kulit. Pengobatan untuk jerawat ini harus dengan konsultasi dan pengawasan ketat dari dokter, dan jangan sekali-kali memencet jenis jerawat ini dikarenakan peradangan dan infeksi yang ditimbulkan bisa menjadi lebih berbahaya dari penyakit sebelumnya yang hanya berupa jerawat. Lihat artikel Obat Jerawat untuk penjelasan lebih lengkapnya tentang berbagai macam obat untuk jerawat.

Selalu konsultasikan dengan dokter setiap anda perlu saran dan bantuan dengan keluhan jerawat anda dan hindari memencet jerawat agar tidak terjadi infeksi.

Terima kasih telah berkunjung di Waspada!! 6 Jenis Jerawat ini Beda Jenis Jerawat Beda Pengobatannya

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Ahmad Jaelani

Artikel tips cara tutorial Kecantikan - Kesehatan - Trend Gaya - Perawatan Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 tips cara tutorial Kecantikan - Kesehatan - Trend Gaya - Perawatan