seputar tips cara tutorial Kecantikan - Kesehatan - Trend Gaya - Perawatan Pria dan Wanita

Cara Tips Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Artikel terkait : Cara Tips Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Cara Tips Menghilangkan Noda Bekas Jerawat
Cara Tips Menghilangkan Noda Bekas Jerawat
Cara Tips Menghilangkan Bekas Jerawat -  Setelah selesai dengan masalah jerawat yang meradang, sakit dan merah timbulah masalah baru di kulit yaitu ; bekas jerawat. Bekas jerawat sendiri sama halnya dengan jerawat yang sebenarnya tidak menyebabkan rasa sakit tetapi bisa menimbulkan depresi dan menurunkan kepercayaan diri. Bekas jerawat sendiri ada beberapa jenis yaitu :
Cara Tips Menghilangkan Noda Bekas Jerawat
Cara Tips Menghilangkan Noda Bekas Jerawat


- Ice Pick Scar yaitu lubang parut atau bopeng yang timbul setelah jerawat mereda (biasanya jerawat jenis cyst) berukuran kecil, berujung tajam dan terlihat seperti pori-pori yang terbuka tetapi lebih besar ukurannya.
- Boxcar Scar yaitu lubang parut atau bopeng yang timbul setelah jerawat mereda, berukuran lebar dan berbentuk bulat atau oval, Biasanya jenis ini diakibatkan bekas dari cacar air atau herpes
- Rolling Scar yaitu bopeng yang timbul setelah jerawat mereda, Mempunyai penampakan bergelombang dan keras bila disentuh.
- Acne Dark Mark yaitu noda kehitaman yang timbul setelah jerawat mereda. Bekas jerawat ini bisa hilang dalam waktu 3 sampai 6 bulan, tidak seperti scar, noda jerawat lebih ringan dan bisa dihilangkan tanpa laser, tindakan medis berupa debramasi atau penggunaan pisau bedah kecil.

Sementara scar atau bopeng memerlukan tindakan medis untuk noda jerawat, anda bisa menghilangkan noda bekas jerawat dari beberapa cara yang dibagikan oleh tipscaratutorial.com diantaranya adalah

Obat Menghilangkan Bekas Jerawat

Berikut ini adalah cara menghilangkankan noda bekas jerawat dari sediaan berupa krim, salep, serum atau oral yang dipercaya dan sudah sering digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat juga tambahan fungsi lain seperti mencerahkan kulit, memperbaiki bekas jerawat, mencegah timbulnya jerawat dan mengobati jerawat dan komedo.

Krim Pencerah Menghilangkan Noda Jerawat

Gunakan krim pencerah agar membantu proses pigmentasi dari noda jerawat. Pilih krim yang mengandung arbutin atau asam kojat (kojic acid). Hindari pemakaian hidrokuinon karena meskipun bersifat mencerahkan tetapi hidrokuinon dapat memacu kanker (karsinogenik)

Retinoid Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Retinoid dapat berbentuk sediaan topikal (salep, krim atau serum) atau oral (obat minum). Pemakaian obat ini sebaiknya dengan pengawasan dokter agar mendapatkan dosis tepat untuk efek menghilangkan noda bekas jerawat. Retinoid sendiri selain menghilangkan bekas jerawat juga bisa untuk meredakan jerawat. Sifatnya yang dapat menormalkan hiperkeratinisasi kulit yang biasa terjadi pada orang yang berjerawat akan membantu pengelupasan kulit secara perlahan sehingga mencegah tersumbatnya pori (selama tidak menggunakan bahan non-comedogenic dan merawat kebersihan wajah) juga mencegah pembentukan jerawat baru. Selalu ikuti aturan pemakaian dan konsultasikan dengan dokter. Ibu Hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk memakai sediaan ini dengan bentuk apapun. Retinoid dapat didapatkan dari merek dagang semisal Retin-A atau Vitacid

Vitamin C Untuk Memudarkan Noda Bekas Jerawat

Vitamin C atau nama lainnya adalah asam askorbat sudah dikenal dengan efeknya yang mencerahkan kulit karena memacu lebih banyak produksi kolagen yang penting sebagai pencerah. Dari sifat vitamin c inilah maka vitamin c bisa sangat membantu untuk menghilangkan bekas jerawat terlebih lagi vitamin c mempunyai sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Vitamin C dapat didapatkan dengan sediaan oral berupa suplemen, sediaan topikal (krim atau serum) dan injeksi. Kebanyakan dosis vitamin c tidak baik untuk kerja ginjal dan lambung (jika sediaan oral). Lagipula kelebihan vitamin c akan dibuang melalui urin (maka dari itu dianjurkan minum air lebih banyak ketika mengkonsumsi Vitamin C) atau kerja ginjal akan menjadi berat. Viatmin C sendiri dapat ditemukan pada aneka buah salah satunya adalah Lemon. Oleskan perasan buah lemon setipis mungkin ke wajah dan biarkan selama 10 menit. Kulit anda mungkin akan terasa terbakar dan kering, maka oleskan pelembab setelah masker sari lemon dibersihkan. Jangan lupa untuk tidak berada di bawah sinar matahari terlalu sering.

Vitamin E BUKAN Untuk Menghilangkan Noda Jerawat

Vitamin E tidak cocok untuk wajah berjerawat. Meskipun digadang baik untuk kesehatan kulit karena berperan sebagai antioksidan, vitamin e berfungsi untuk melembabkan wajah yang dimana kondisi ini berarti menambahkan minyak pada wajah yang berminyak sehingga jerawat akan terus datang. Vitamin E bisa diganti dengan konsumsi vitamin c dimana sama-sama memiliki fungsi antioksidan tetapi vitamin c lebih bersifat menyimpan air untuk kelembaban.

Artikel Tentang Jerawat Lainnya

Perawatan Untuk Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Beberapa cara di bawah ini adalah tindakan yang biasanya dilakukan oleh dokter untuk mengatasi jerawat beserta noda bekas jerawat. tindakan menghilangkan bekas noda jerawat antara lain

Chemical Peeling Untuk Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Peeling kimiawi atau Chemical Peeling biasanya menggunakan AHA (Alfa Hydroxy Acid) dan Retinol. Cara ini harus dilakukan dibawah pengawasan dokter. Chemical peeling sendiri berfungsi untuk mengelupaskan kulit secara metabolik sehingga kulit akan terasa terbakar, kering dan memerah kemudian noda akan memudar. Pemakaian tabir surya, pelembab dan pembersih yanng non-alkohol non-comedogenic sebaiknya digunakan rutin sesudah melakukan chemical peeling sehingga tidak terjadi kerusakan kulit akibat sinar matahari dan keluhan kulit yang perih terkelupas.

Dermabrasi Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Dermabrasi adalah proses pengelupasan lapisan terluar kulit menggunakan sikat kawat yang berputar dengan cepat sehingga kulit terkikis sampai batas yang ditentukan. Biasanya, tindakan ini dapat menghilangkan noda pada permukaan kulit sekaligus memudarkan tampilan luka yang lebih dalam. Resiko dari tindakan Dermabrasi adalah kemungkinan kulit menjadi merah atau membengkak, pori-pori membesar dan infeksi. Dermabrasi biasanya dilakukan untuk bekas jerawat yang dalam, jaringan perut, flek, luka bakar, bekas cacar atau bekas operasi. Dermabrasi memiliki waktu penyembuhan yang relatif lama, sekitar 3 bulan dan tidak disarankan untuk anda yang sedang menggunakan terapi Retinoid minimal berhenti penggunaannya selama 6 bulan. Selalu konsultasikan ke dokter kulit anda ketika anda berniat ingin melakukan dermabrasi.

Mikrodermabasi Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Mikrodermabrasi adalah tindakan yang lebih ringan dari dermabrasi karena berbeda dengan dermabrasi yang mengikis lapisan kulit sampai dilapisan yang ditentukan, Mikrodermabrasi adalah metode dengan menaburkan kristal halus ke lapisan terluar kulit, yang kemudian diisap bersama dengan sel kulit mati. Perbedaan mikrodermabrasi dengan Dermabrasi adalah mikrodermabrasi hanya mampu mengelupas lapisan terluar kulit, hasilnya umumnya tidak sejelas dermabrasi. Namun, mikrodermabrasi lebih ringan dan lebih cepat penyembuhannya. Adapun jenis kulit yang tidak diperkenankan melakukan mikrodermabrasi adalah yang baru terbakar sinar matahari, luka terbuka, eksim, berjerawat, rosacea, dan dermatitis. Jika Anda sedang berjerawat, tunggulah sampai kulit Anda terbebas dari jerawat untuk menghindari risiko infeksi

Artikel Tentang Jerawat Lainnya
Artikel Cara Tips Menghilangkan Noda Bekas Jerawat ini dibuat oleh Tips Jerawat  di www.tipscaratutorial.com

Terima kasih telah berkunjung di Cara Tips Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Ahmad Jaelani

Artikel tips cara tutorial Kecantikan - Kesehatan - Trend Gaya - Perawatan Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 tips cara tutorial Kecantikan - Kesehatan - Trend Gaya - Perawatan