seputar tips cara tutorial Kecantikan - Kesehatan - Trend Gaya - Perawatan Pria dan Wanita

Cara Merawat, Mengobati dan Penyebab Rambut Rontok Parah

Artikel terkait : Cara Merawat, Mengobati dan Penyebab Rambut Rontok Parah


Cara Merawat, Mengobati dan Penyebab Rambut Rontok Parah
Cara Merawat Rambut Rontok Bercabang dan Kering - Rambut yang bercahaya, sehat dan mudah diatur adalah dambaan setiap orang baik laki-laki maupun perempuan. Terutama untuk wanita, rambut adalah mahkota yang membingkai wajah dengan sempurna. Tetapi, kebanyakan masalah rambut justru terjadi pada wanita karena wanita memiliki peluang yang lebih besar pada kerontokan dengan penyebab secara medis atau penggunaan bahan kimiawi dan panas untuk tatanan rambut. Untuk itu, anda harus tau penyebab kerontokan rambut.

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan Dan Parah

Ada bermacam pencetus dan penyebab rambut menjadi rontok. Kenali sebab yang memungkinkan menjadi alasan utama rambut anda menjadi rontok. Dengan cara itu, maka anda bisa menerapkan cara yang tepat untuk merawat, mengatasi dan mengobati rambut rontok. Perlu anda tahu, beberapa rambut rontok terkadang tidak disertai rambut kering dan bercabang. Dan juga, kerontokan rambut ada yang bersifat permanen dan sementara. Beberapa penyebab rambut rontok adalah:

Rambut Rontok Akibat Stress

Stress yang dimaksud disini adalah stress emosional yang bisa berupa kegelisahan, kecemasan, depresi, bosan atau kesepian. Biasanya rontok akibat stress sendiri bisa sembuh dengan sendirinya saat stress menghilang. Jadi, tidak bisa diprediksi kapan berakhirnya stress itu sendiri karena tergantung kondisi emosional. Jika stress ternyata sudah diatasi namun tetap rontok bisa jadi ada penyebab lain yang menyebabkan rontok dan stress hanya sebagai penambah keparahan rontok rambut.

Rambut Rontok Akibat Kehamilan atau Melahirkan

Rontok akibat kehamilan disebabkan keseimbangan hormon esterogen yang bergeser secara drastis dan hormon tersebut akan digunakan sangat banyak untuk pertumbuhan janin. Saat bayi sudah lahir, hormon tersebut akan kembali normal. Rontok juga bisa berarti ibu hamil perlu meningkatkan asupan gizi yang cukup seperti protein dan vitamin dari buah-buahan. Tetapi banyak juga yang malah sebaliknya yaitu ketika hamil rambut tidak pernah rontok juga berkilau namun ketika melahirkan rambut rontok dengan instensitas yang diluar dugaan. hal ini dikarenakan selama kehamilan, hormon merangsang pertumbuhan rambut dan dengan adanya proses kelahiran, lebih banyak jumlah rambut-rambut yang memasuki fase istirahat dan rambut-rambut tersebut akan terdorong keluar antara 3 sampai 6 bulan setelah melahirkan. Kebanyakan wanita akan mendapatkan siklus pertumbuhan rambut yang normal kembali 6 – 12 bulan setelah melahirkan. Jika masih tetap rontok juga bisa tetap terjadi jika dipicu stress setelah melahirkan akibat kurang tidur dan konsisi tubuh yang lelah.

Rambut Rontok Akibat Perawatan dan Penataan Rambut

Perawatan dan penataan rambut yang dimaksud adalah proses yang merusak dan memerlukan bahan-bahan kimia juga panas sebagai bahannya. Misalnya seperti pewarnaan rambut, pengeritingan atau pelurusan, bleaching (penghilang pigmen rambut). Sementara penataan bersifat terus menerus seperti konsisten dengan gaya rambut kuncir yang kencang atau ikat kepang kecil yang banyak akan menarik akar rambut sehingga menjadi rapuh. Jika penataan dan perawatan dilakukan terlalu sering dan dengan cara yang salah Rambut akan menjadi sangat kering, kusut, patah di bagian pangkalnya, sehingga bisa memicu kerontokan.

Rambut Rontok akibat Penyakit

Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan rambut rontok ada beberapa sebab antara lain, Alopecia Areata, Androgenetic Alopecia, Hipotiroidisme, Anemia, Trichotillomania, Lupus, Polycystic ovary syndrome (PCOS), Perubahan Hormon seperti menopause, melahirkan, hamil atau menstruasi, Infeksi Jamur Pada Kulit Kepala atau sedang dalam proses pengobatan kanker (kemoterapi). Ada beberapa penyakit yang memang bersifat permanen dan tidak bisa dihindari karena bersifat genetik. Namun ada pula ketika penyakit hilang atau pengobatan selesai dilakukan maka kerontokan juga menghilang.

Cara Mengatasi dan Mengobati Rambut Rontok Berlebihan dan Parah

1. Saat rambut anda kusut karena berbagai penyebab, daripada memaksa merapikannya dengan sisir lebih baik cukup rapikan dengan jari-jari tangan anda secara perlahan. Selain lebih lembut, jari-jari tangan juga lebih peka dan tau bagaimana memperlakukan rambu anda
2. Tidak terlalu sering menyisir, gesekan antara rambut dan sisir bisa menyebabkan rambut patah dan rontok juga kering. Selain itu, perhatikan juga jenis sisir yang anda gunakan. Jangan gunakan sisir dengan gigi terlalu rapat juga hindari bahan plastik yang bisa menghasilkan listrik statis jika terkena rambut yang akan menyebabkan rambut menjadi kering.
3. Tidak mengeringkan rambut dengan handuk dengan cara menggosok-gosok, hal ini akan berakibat rusaknya kutikula rambut. Sebaiknya keringkan handuk dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk dan biarkan kering dengan sendirinya.
4. Hindari terlalu sering menggunakan hairdryer, catok, atau alat lain yang menggunakan panas untuk mengatur rambutmu. Hal ini sangat mengurangi kelembaban rambut yang merupakan awal dari masalah rambut kering, rontok, patah dan bercabang
5. Tidak terlalu banyak dan sering menggunakan sampo, terlebih jika sampo tidak terbilas dengan bersih dan masih tersisa dan menumpuk di kulit kepala. Hal ini menyebabkan ketombe yang juga salah satu pencetus rambut rontok
6. Gunakan kondisioner seminggu tiga kali sebagai upaya menjaga kelembapan dan kelembutan rambut, selamat tinggal rambut patah dan bercabang. Bisa juga gunakan kondisioner alami seperti minyak-minyak alami misalnya minyak kelapa atau minyak zaitun.
7. Rutin Masker rambut. Rambuit rontok perlu nutrisi tambahan untuk memperbaiki diri sehingga masker rambut adalah salah satu solusi memasukan nutrisi selain makan-makanan yang sehat dan bergizi. Masker rambut tidak perlu harus ke salon, dari bahan-bahan alami yang ada di dapur pun kamu bisa menciptakan masker rambut alami sendiri dari telur, yoghurt, pisang atau apapun
8. Jangan menguncir rambut terlalu sering dan terlalu keras. Hal ini menyebabkan akar rambut menjadi rapuh dan lemah sehingga bisa menjadi faktor penyebab kerontokan
9. Menggunakan tonik dan lakukan pijatan lembut di kepala agar sirkulasi darah di kepala lancar dan rambut anda bisa tumbuh dengan sehat
10. Jika rambut rontok parah dan tak kunjung sembuh anda bisa mempertimbangkan untuk memakai obat untuk rambut rontok yaitu Minoksidil, yang digunakan dengan cara dioleskan ke kulit kepala. Cara kerja minoksidil adalah mencegah makin banyaknya rambut rontok dan menstimulasi pertumbuhan rambut.
11. Jika rambut rontok parah dan tak kunjung sembuh anda bisa mempertimbangkan untuk memakai bubuk serat rambut (hair-fiber powders). Dijual bebas dengan bermacam warna. Bubuk jenis ini dapat menempel pada rambut sehingga menutupi area kepala yang mengalami kebotakan. Penggunaan bubuk serat rambut tergolong aman dengan risiko minimal.
12. Jika rambut rontok parah dan tak kunjung sembuh anda bisa mempertimbangkan untuk memakai Peralatan laser. Lasering diharapkan dapat menstimulasi pertumbuhan rambut dengan menggunakan sisir, sisir sikat, atau alat lain yang memancarkan sengatan laser. Meski dapat membuat rambut tampak lebih baik, namun waspadai keamanan penggunaan alat ini untuk jangka panjang.
13. Jika rambut rontok parah dan tak kunjung sembuh anda bisa mempertimbangkan untuk memakai transplantasi rambut. Yaitu dengan cara mengambil rambut dari satu bagian dan memindahkan ke bagian yang mengalami kerontokan atau penanaman folikel rambut. Tindakan ini hanya boleh dilakukan oleh ahli bedah

Cara Mengatasi dan Mengobati Rambut Rontok Secara Alami

Mengatasi rambut rontok biasanya dilakukan dengan menggunakan aneka produk perawatan rambut rontok. Dari sekian banyak produk perawatan rambut anda bisa menggunakan bahan alami. Banyak sekali bahan alami yang bisa anda coba, beberapa diantaranya adalah

Mengatasi Rambut rontok dengan Lidah Buaya 

Kandungan vitamin dalam lidah buaya dipercaya dapat mengembalikan kekuatan akar dan batang rambut sehingga dapat menghindarkan rambut anda dari kerontokan. Caranya dengan mengoleskan daging lidah buaya yang sudah dipisahkan dari kulitnya dengan cara dipotong dua ke rambut lalu pijat bagian kulit rambut anda. Tunggul hingga 15 menit agar meresap, kemudian bilaslah dengan air bersih. Lakukan dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Mengatasi Rambut rontok dengan Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun

Anda juga dapat menggunakan bahan alami lain seperti minyak zaitun atau minyak kelapa yang dipanaskan hingga hangat kuku. Cara menggunakannya yaitu pijatlah bagian kulit kepala dengan minyak alami ( baik minyak kelapa ataupun minyak zaitun) yang masih hangat hingga semua bagian terminyaki, lalu tutuplah rambut menggunakan handuk. Kemudian diamkan selama kurang lebih satu jam, setelah itu bilas dengan air bersih. Proses tersebut berguna untuk menjaga kekuatan rambut Anda juga menjaga kelembaban alami sehingga mengurangi resiko rontok rambut akibat patah dan kering.

Mengatasi Rambut rontok dengan Teh hijau

Kandungan anti oksidan dalam teh hijau dapat bermanfaat untuk mengurangi, mencegah dan mengatasi rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga agar kondisi rambut tetap sehat
Cara merawat rambut yang rontok menggunakan teh hijau bisa dengan menggosokkan ampas teh hijau yang sudah diseduh ke seluruh bagian kulit kepala. Balurkan ke seluruh bagian kulit kepala lalu diamkan selama satu jam sebelum dibilas.

Mengatasi Rambut rontok dengan Pisang dan Pepaya

Olahan masker rambut dari buah pisang dan pepaya akan membuat rambut kamu menjadi halus dan mencegahnya menjadi kering. Haluskan buah pisang dan pepaya yang sudah matang, tambahkan 2 sdm madu. Diamkan rambut sampai masker mengering. Kemudian cuci rambut hingga bersih. Kandungan vitamin pada pepaya dan pisang tidak hanya menyehatkan namun juga menjaga kelembaban rambut agar rambut tidak kering dan mudah rontok.

Mengatasi Rambut rontok dengan Telur

Kuning telur mengandung lemak dan protein yang dapat melembapkan rambut sehingga cocok untuk rambut yang rontok dan kering. Cara pemakaiannya dengan memisahkan kuning telur dari putihnya, kemudian campurkan kuning trelur dan minyak zaitun, kocok hingga tercampur rata. Basahi sedikit rambut Anda kemudian olesi masker dengan sisir bergigi rapat ke kepala anda. Biarkan masker meresap selama 20 menit. Cuci rambut Anda dengan sampo dan air dingin.

Lihat juga
Cara Menghilangkan Kutu Rambut
33 Gaya Model Potongan Rambut Pria/Cowo Undercut Style Terbaru 
26 Model Gaya Potongan Rambut Pria Panjang, Ikal dan Semi Style Terbaru

Artikel Cara Merawat, Mengobati dan Penyebab Rambut Rontok Parah dibuat oleh Tips Kecantikan di www.tipscaratutorial.com

Terima kasih telah berkunjung di Cara Merawat, Mengobati dan Penyebab Rambut Rontok Parah

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Ahmad Jaelani

Artikel tips cara tutorial Kecantikan - Kesehatan - Trend Gaya - Perawatan Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 tips cara tutorial Kecantikan - Kesehatan - Trend Gaya - Perawatan